Wednesday, August 24, 2016

Di Sini Saya Berasal

Halo lagi semua! di postingan ini saya akan membahas tentang dari mana saya berasal. Di postingan perkenalan sebelumnya saya udah menyinggung sedikit dari mana saya berasal, tapi masih belum spesifik. Nah di postingan ini saya akan membahas semua tentang daerah asalku, tentang budaya, sampai makanan khasnya juga akan saya bahas di sini. Btw, daerah yang akan saya bahas di sini Jayapura. Kenapa yang saya bahas Jayapura? Kenapa bukan Kediri?ya karena Jayapura adalah tempat di mana saya dilahirkan hingga dibesarkan. Di Jayapura juga tempat pertama saya mengenal apa itu kehidupan.
So, langsung saja kita bicara Jayapura. Ini dia.

  • Seni dan Budaya Papua Indonesia
    1. Alat Musik Tradisional Papua. Salah satu alat musik yang paling terkenal dari kawasan Indonesia Timur adalah Tifa. Secara khusus dapat dikatakan bahwa Tifa adalah alat musik yang berasal dari maluku dan papua, bentuknya mirip gendang dan cara memainkannya adalah dengan dipukul. Bahannya terbuat dari sebatang kayu yang isinya dikosongkan dan pada salah satu sisi ujungnya ditutup menggunakan kulit rusa yang telah dikeringkan agar dapat menghasilkan suara yang bagus dan indah. Biasanya Tifa diperindah dengan berbagai model ukiran sesuai dengan ciri khas setiap suku di maluku dan papua. Kapan Tifa dimainkan. Disamping sebagai pelengkap dari permainan istrumen musik tradisional, Tifa juga selalu dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat,dan Tarian gatsi. Tarian tersebut biasanya digunakan pada acara-acara tertentu seperti upacara-upacara adat maupun acara-acara penting lainnya.
    2. Tarian Tradisional Daerah Papua. Masyarakat pantai memiliki berbagai macam budaya tari-tarian yang biasa mereka sebut dengan Yosim Pancar (YOSPAN), yang didalamnya terdapat berbagai macam bentuk gerak seperti: (tari Gale-gale, tari Balada, tari Cendrawasih, tari Pacul Tiga, tari Seka, Tari Sajojo). Tarian yang biasa dibawakan oleh masyarakat pantai maupun masyarakat pegunungan pada intinya dimainkan atau diperankan dalam berbagai kesmpatan yang sama seperti: dalam penyambutan tamu terhormat, dalam penyambutan para turis asing dan yang paling sering dimainkan adalah dalam upacara adat. khususnya tarian panah biasanya dimainkan atau dibawakan oleh masyarakat pegunungan dalam acara pesta bakar batu atau yang biasa disebut dengan barapen oleh masyarakat pantai. tarian ini dibawakan oleh para pemuda yang gagah perkasa dan berani. Dengan budaya tarian Yospan maupun budaya tarian Panah yang unik, kaya dan indah tersebut para orangtua sejak dahulu berharap budaya yang telah mereka wariskan kepada generasi berikut tidak luntur, tidak tenggelam dan tidak terkubur oleh berbagai perkembangan zaman yang kian hari kian bertambah maju. para pendahulu yaitu para orangtua berharap juga budaya tarian-tarian yang telah mereka ciptakan dengan berbagai gelombang kesulitan, kesusahan dan keresahan tidak secepat dilupakan oleh generasi berikutnya. mereka juga berharap dengan tidak adanya budaya Papua yang kaya tersebut semakin maju, semakin dikenal baik oleh orang dikalangan dalam negeri sendiri maupun dikenal dikalangan luar negeri dan juga semakin berkembang kearah yang lebih baik yang intinya dapat tetap mengangkat derajat, martabat, dan harkat orang Papua.
    Hasil gambar untuk tari yospan jpg
    3. Pakaian Adat Tradisional Papua. Pakaian adat pria dan wanita di Papua secara fisik mungkin anda akan berkesimpulan bahwa pakaian tersebut hampir sama bentuknya. Mereka memakai baju dan penutup  badan bagian bawah dengan model yang sama. Mereka juga sama-sama memakai hiasan-hiasan yang sama, seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki. Bentuk pakaian yang terlukis di sini merupakan ciptaan baru. Biasannya tak lupa dengan tombak/panah dan perisai yang dipegang mempelai laki-laki menambah kesan adat Papua.

    4. Rumah Adat Papua. Nama rumah asli Papua adalah Honai yaitu rumah khas asli Papua yang dihuni oleh Suku Dani. Bahan untuk membuat rumah Honai dari kayu dengan dan atapnya berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai pintu yang kecil dan tidak berjendela. Umumnya rumah Honai terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat untuk bersantai, makan, serta untuk mengerjakan kerajinan tangan. Karena dibangun 2 lantai, Honai memiliki tinggi kurang lebih 2,5 meter. Pada bagian tengah rumah disiapkan tempat untuk membuat api unggun untuk menghangatkan diri. Rumah Honai terbagi dalam tiga tipe, yaitu untuk kaum laki-laki (disebut Honai), wanita (disebut Ebei), dan kandang babi (disebut Wamai).
  • Makanan Khas Papua
Bagi Anda yang menyukai cita rasa makanan yang berbeda dan lain daripada yang lain, Anda harus mencoba makanan-makanan khas Papua yang kebanyakan menggunakan bahan sagu sebagai makanan pokoknya. Sagu yang dipakai haruslah melalui berbagai proses pembuatan, ini berguna agar tepung sagu yang dihasilkan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan khas Papua yang menggunakan bahan makanan utama sagu. Rasa dari sagu itu sendiri adalah tawar, sehingga harus dicampur dengan berbagai macam makanan lainnya agar makanan khas papua ini dapat terasa gurih. Salah satunya makanan khas papua adalah papeda. Papeda digunakan masyarakat Papua sebagai pengganti padi atau sebagai makanan pokok.
Makanan khas Papua berupa papeda haruslah dikombinasikan dengan lauk-pauk berkuah, seperti kuah ikan kuning. Ini tidak hanya ditujukan untuk memberi rasa asam dan gurih pada rasa tawar yang diciptakan dari sagu pada papeda, melainkan juga agar papeda yang lengket tersebut dapat diputuskan dengan cara dibasahi papeda tersebut menggunakan kuah ikan. Uniknya, cara makan papeda dengan kuah ikan kuning ini adalah dengan menggunakan sebelah tangan atau mungkin hanya 3 jari saja yang berguna untuk memutuskan papeda yang lengket tersebut. Unik bukan?
Makanan khas Papua yang lainnya adalah Ikan Bakar Manokwari, yaitu merupakan ikan tongkol yang dibakar dan ditaburi sambal khas papua yang lezat. Mungkin cara membakar ikan tongkol ini memang sudah biasa, namun, rasa makanan khas papua ini justru sangat lezat dan terasa sekali bumbunya di lidah sehingga Anda dapat merasa ketagihan disetiap potongan ikan yang sudah dimakan. Bumbu yang digunakan makanan khas papua ini adalah campuran dari bawang merah, cabai merah dan garam dengan sedikit gula pasir. Rasa yang lezat ini timbul dari segarnya ikan yang dibakar ditambah bumbu pedas-manis yang dilumuri diatas ikan. Dapat dimakan dengan sagu batangan maupun dengan di campur singkong yang di rebus. Rasanya sangat WOW!
Bila Anda sudah berkunjung ke Papua dan mencoba hal-hal diatas, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh camilan yang terbuat dari sagu makanan khas papua. Camilan ini bentuknya kecil setengah jari-jari orang dewasa dan pastinya terbuat dari tepung sagu. Makanan khas papua ini sering disebut dengan nama, kue Bagea. Bentuknya yang keras tetapi renyah ini mempunya daya tarik tersendiri bagi para wisatawan kuliner dari berbagai tempat, baik lokal maupun luar negeri.
Makanan khas Papua yang terakhir yang akan kita bahas ialah sagu batangan. Diproduksi dari tepung sagu kemudian dicetak dan dijemur pada cuaca yang cerah di siang hari. Sagu batangan ini dapat bertekstur lembek dan dapat pula bertekstur keras. Anda dapat memakan sagu batangan ini dengan berbagai macam cara, salah satunya mencelupkannya kedalam teh apabila Anda menyukai rasa manis dan renyahnya sagu batangan. Sedangkan dapat pula Anda memakannya bersamaan dengan menggunakan lauk-pauk yang gurih dan lezat seperti Ikan bakar manokwari, kuah ikan kuning, rebusan daun singkong atau rebusan daun pepaya, atau lauk-pauk yang lain. Dijamin, rasanya yang unik akan bikin Anda jatuh hati dengan makanan khas papua ini.
http://makananmu.files.wordpress.com/2013/12/lp.jpg
Nah, sekarang udah kan Jayapura itu kayak gimana. Karena letak Jayapura yang berada di kawasan Papua, maka tentang budaya tidak beda jauh sama daerah daerah yang ada di Papua.
SEKIAN.

*note : sumber ada di sini dan di sini

1 comment:

  1. DEPOSIT OVO INDOKARTU

    Sekarang indokartu sudah bisa deposit via OVO bosku, Jadi buat anda yang selama ini sudah menanti nantikan hal ini bisa bergabung bersama kami di INDOKARUT.
    Hubungi kami di :
    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu
    Atau langsung di Livechat kami di www(titik)indokartu(titik)biz

    PERMAINAN POKER ONLINE

    ReplyDelete